Wednesday 20 February 2019

apa itu design interior?

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Desain interior adalah seni dan ilmu untuk meningkatkan interior sebuah bangunan untuk mencapai lingkungan yang lebih sehat dan lebih estetis bagi orang-orang yang menggunakan ruang. Desainer interior adalah seseorang yang merencanakan, meneliti, mengoordinasikan, dan mengelola proyek semacam itu. Desain interior adalah profesi multifaset yang mencakup pengembangan konseptual, perencanaan ruang, inspeksi situs, pemrograman, penelitian, berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan proyek, manajemen konstruksi, dan pelaksanaan desain.

Dari asal katanya, desain interior terdiri dari dua kata: desain dan interior. Desain bisa diterjemahkan sebagai arsitektur, seni terapan, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Desain bisa menjadi kata benda sekaligus juga bisa jadi kata kerja. Sebagai kata kerja, desain memiliki arti sebagai proses menciptakan atau membuat objek baru. Sedang sebagai kata kerja, desain berarti hasil dari pencitaan kreatif. Interior bisa diartikan sebagai bagian dalam, yang berada di dalam, atau yang dalam. Interior erat kaitannya dengan komponen yang berada di dalam. Jika dihubungkan dengan bangunan, maka interior erat kaitannya dengan yang berhubungan dengan furnitur, pemilihan cat, penataan ruangan, penggunaan tangga dan sebagainya yang berhubungan dengan bagian dalam sebuah bangunan.


Dari pengertian di atas setidaknya bisa kita tarik kesimpulan mengenai apa yang disebut dengan desain interior. Sama seperti yang dikatakan oleh Suptandar (1995: 11), bahwa desain interior adalah sebuah ilmu atau cara pengaturan ruang dalam sehingga memenuhi persyaratan untuk memperoleh kenyamanan, kepuasan kebutuhan fisik dan spiritual serta keamanan bagi pemakainya tanpa mengabaikan faktor estetika.
Desain interior bisa pula disebut sebagai ilmu yang menggabungkan seni dengan sains, karena dalam mengatur atau menata ruangan perlu dipertimbangkan antara keindahan dan juga kesehatan orang-orang yang berada dalam bangunan tersebut. Oleh karena itu, dalam desain interior perlu diperhatikan tepat tidaknya ukuran ruangan yang digunakan, kalkulasi udara dan lain sebagainya.

Author:

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

 
Copyright ©2016 Exoluc Indonesia | Layanan Pengecatan Profesional • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger